www.riaukontras.com
| Hasil Survey Jokowi-Ma'ruf Pacu Relawan Terus Kerja | | KMA Desak Pemkab Abdya Berantas LGBT dan Wanita Jadi Jadian | | Istri Wali Kota Santuni Korban Jatuh Panjat Pinang | | Teguh Arief Indratmoko Resmi Jadi Warga Kodam IM | | Mafia Tanah Diduga Jual Kaplingan Abal-Abal, Akhirnya Dilaporkan ke Polres Karimun | | Bupati Inhil Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid di PMIP
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Selasa, 21 08 2018
 
Obama: Kecam Kebijakan Donald Trump Larang Masuk 7 Negara Muslim ke AS
Editor: | Selasa, 31-01-2017 - 08:45:55 WIB

TERKAIT:
 
  • Obama: Kecam Kebijakan Donald Trump Larang Masuk 7 Negara Muslim ke AS
  •  

    WASHINGTON DC, RiauKontraS.com - Mantan Presiden AS, Barack Obama mengeluarkan pernyataan perdana setelah ia tak lagi memimpin Negeri Paman Sam.

    Pernyataan itu berupa kecaman keras terhadap Perintah Eksekutif Donald Trump atas imigran dan larangan masuk 7 negara muslim ke AS. Dalam pernyataan itu, Obama membela para pengunjuk rasa yang berdemo di hampir seluruh bandara seantero negeri.

    "Presiden Obama secara keseluruhan sangat tidak setuju dengan gerakan diskriminasi terhadap individu berdasarkan kepercayaan dan agama," kata Obama lewat pernyataan tertulis yang dibacakan oleh juru bicaranya, Kevin Lewis.

    Dikutip dari CNN, Senin (31/1/2017), Lewis menambahkan bahwa para pengunjuk rasa adalah "tepat yang kita harapkan ketika nilai-nilai Amerika terancam."

    Ini adalah kritikan Obama setelah menyerahkan kekuasaannya kepada Trump 10 hari lalu. Hal itu jelas bertentangan dengan aturan tak tertulis di mana seorang mantan presiden AS tak diperbolehkan mengkritik penghuni baru Gedung Putih.

    Pernyataan Obama itu juga menolak keras perbandingan pelarangan imigrasi pada 2011 yang dibuat oleh Obama. Kala itu, Presiden AS ke-44 melarang warga Irak --mengajukan visa baru-- untuk masuk ke AS.

    Menurut Obama, kebijakannya dan perintah eksekutif Trump dengan melarang masuk seluruh warga-- tak terkecuali mereka yang telah tinggal di AS bertahun-tahun dan legal-- dari 7 negara muslim masuk ke AS.

    Di Amerika Serikat, mantan presiden berada di garis tipis politik, antara gelar yang kini mereka pegang dengan situasi yang dihadapi setelah tak lagi menjabat. Namun, sudah menjadi aturan tak tertulis bahwa para mantan presiden tidak mengkritik kebijakan apapun yang dikeluarkan oleh pengganti mereka.

    Contohnya saja, Presiden George W.Bush, ia tak pernah berkomentar terkait politik selama 8 tahun pemerintahan Obama.

    Namun, hubungan Obama dan Trump jelas berbeda. Dan pernyataan yang dikeluarkan Obama pada Senin 30 Januari 2017 itu jelas menyiratkan mantan presiden itu masih akan tetap terlibat dan blak-blakan tentang aksi politik di AS.

    Kebijakan Trump itu melarang imigrasi sementara dari Iran, Irak, Suriah, Sudan, Libya, Yaman dan Somalia. Khusus Suriah, ia melarang pengungsi masuk AS tanpa batas waktu.

    Beberapa waktu lalu Gedung Putih membela diri dengan membandingkan tindakan Trump dengan yang Obama lakukan pada 2011 ketika "ia melarang visa bagi pengungsi dari Irak selama enam bulan,"

    Trump membela perintah eksekutif-nya pada Senin, di tengah protes yang muncul di seluruh negeri. Dia mengatakan bahwa Amerika akan "terus menunjukkan kasih sayang kepada orang-orang yang melarikan diri dari penindasan" tapi akan "melakukannya sambil melindungi warga negara dan perbatasan."

    "Saya punya perasaan yang luar biasa bagi orang-orang yang terlibat dalam krisis kemanusiaan yang mengerikan di Suriah," kata Trump.

    "Prioritas pertama saya akan selalu melindungi dan melayani negara kita, tapi sebagai Presiden saya akan menemukan cara untuk membantu semua orang yang menderita." (L6/rK)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Obama: Kecam Kebijakan Donald Trump Larang Masuk 7 Negara Muslim ke AS
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    4 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    5 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    6 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    7 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    8 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
    9 Wakil Bupati Minta Bupati Nias Barat Copot Kadis BPKPAD dan Kuasa BUD
    10 Nektu Polem Minta Pemilu Ulang, Tolak Hasil Pilkada Aceh Timur 2017-2022.
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved