www.riaukontras.com
| Masyarakat Simandolak Percaya Komperensi Bisa Perjuangkan Aspirasi Masyarakat | | Kunker Kapolres Bengkalis Ke Pembibitan Kayu Gerunggang | | Pemkab Bengkalis Salurkan BLT ODP PMI kepada 4.107 Penerima | | 131 KK Desa Senggoro Tuntas Sudah Menyalurkan BLT Dana Desa Tahap III | | Bansos Covid-19 Sukses Diselenggaraan Pemkab Siak Dinas Sosial, DPRD Kampar Studi Banding ke Siak | | Hadapi Covid-19, Rasidah Alfedri Ajak Kaum Ibu Konsumsi Ikan
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Selasa, 07 Juli 2020
 
Pulau Penang-Malaysia
Wali Kota Usul Modernisasi Transportasi Banda Aceh ke ADB
Editor: Muhammad Abubakar | Senin, 13-01-2020 - 18:33:49 WIB

TERKAIT:
 
  • Wali Kota Usul Modernisasi Transportasi Banda Aceh ke ADB
  •  

    PENANG-MALAYSIA, RIAUKontraS.com - Banda Aceh adalah salah satu kota di Indonesia yang dipilih oleh Asian Developemt Bank (ADB) sebagai Pilot Project Program Green Transportation.

    Hal tersebut mengemuka pada pada "3rd Green Cities Forum" yang diselenggarakan oleh ADB bekerjasama dengan Penang Institute, 13-14 Januari 2020 di Hotel Royale Chulan, Penang, Malaysia. 

    Menyambut hal itu, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman yang hadir langsung ke Penang, mengusulkan kepada ADB untuk membuat kajian lanjutan dan lebih detil terkait Modernisasi Transportasi di Kota Banda Aceh. 

    Menurut Aminullah, usulannya disambut baik oleh Mr Willem Brouwer, konsultan ADB yang mempresentasikan studi awal manajemen parkir di beberapa kota di Asia tenggara, termasuk Kota Banda Aceh. 

    Aminullah pun berharap kajian yang ia maksud, tidak hanya berhenti sebatas perencanaan dalam kertas, namun menegaskan kembali ke pihak ADB bahwa Banda Aceh sangat membutuhkan modernisasi transportasi.

    "Selain dapat mengatasi permasalahan kemacetan yang mulai terjadi, kami juga sangat komit mengurangi emisi gas rumah kaca yang berasal dari kendaraan bermotor, sehingga Banda Aceh akan menjadi kota yang nyaman dan aman untuk ditinggali," ungkapnya.

    Wali kota menjelaskan, Banda Aceh sebagai Ibukota Provinsi Aceh berpenduduk lebih dari 260 ribu jiwa. "Namun angka itu bisa naik dua kali lipat pada siang hari -lebih dari 500 ribu jiwa, sehingga tingkat kemacetan lalu lintaspun tidak bisa dihindari lagi. Terutama pada jam sibuk karena kepemilikan kendaraan pribadi yang tinggi dan tingginya perjalanan dari daerah tetangga," katanya. 

    "Dampak lain adalah peningkatan kunjungan wisatawan yang sangat cepat. Pada 2019 angkanya sudah mencapai 504 ribu pengunjung. Di samping itu, perluasan jalan juga tidak memungkinkan lagi karena luas wilayah Banda Aceh yang hanya 61,3 kilometer persegi," katanya lagi. 

    Mengutip survey ADB, sektor transportasi berkontribusi lebih dari 60 persen emisi, terutama dari pembakaran bahan bakar. Melihat kondisi itu, Aminullah menyakinkan pihak ADB bahwa Banda Aceh siap mengimplentasikan program transportasi tidak bermesin (Non Motorize Transport).

    "Salah satunya dengan memperlebar pedestrian bagi pejalan kaki dan pesepeda serta memperluas Ruang Terbuka Hijau dengan menciptakan taman-taman kota," ungkapnya.

    Alhasil, pada tanggal 16 Januari 2020 mendatang, pihak ADB akan berkunjung ke Banda Aceh untuk melakukan pengkajian yang lebih spesifik, termasuk berdiskusi dan FGD bersama dinas terkait dan para stakeholder lainnya agar program transportasi hijau dapat diimplementasikan dalam waktu dekat.

    "Kita berharap Banda Aceh akan menjadi salah satu kota percontohan modernisasi transportasi di Indonesia, bahkan di tingkat Asia Tenggara," demikian Aminullah Usman.(Rls/Muhammad Abubakar)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Wali Kota Usul Modernisasi Transportasi Banda Aceh ke ADB
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    3 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    4 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    5 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    6 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    7 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    8 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    9 Sibuk Menjadi Bandar Togel, Seorang Pria di Kuansing, Ditangkap Polisi
    10 Ida Yulita: Anggaran Honor PMB RW Sebesar Rp. 13 Miliar, RT/RW Cuma Dapat Caci Maki
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved