www.riaukontras.com
| Langgar Prokes, 10 Orang di Sanksi | | Gerakan S3 (Sedekah Seribu Sehari) | | Polres Kuansing Kedepankan Tindakan Simpatik serta Himbauan Prokes dalam Operasi Zebra | | Ketua DPRD Inhil Hadiri Perayaan Maulid Nabi di Mandah | | Taruna Akpol Riau Gelar Peringati Hari Sumpah Pemuda | | AMPG Riau Berkesempatan Membagikan Ratusan Paket Sembako Pada Warga
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Jum'at, 30 Oktober 2020
 
Pohon Gerunggang, Punya Nilai Manfa'at Berlipat Ganda
Editor: Indra | Senin, 05-10-2020 - 10:52:39 WIB

TERKAIT:
 
  • Pohon Gerunggang, Punya Nilai Manfa'at Berlipat Ganda
  •  


    Bengkalis (Riau), RIAUkontraS.com - Gerunggang (Cratoxylum arborescens) direkomendasikan oleh Balai Litbang Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) Kuok sebagai salah satu tanaman rehabilitasi pada lahan gambut. 

    Selain termasuk jenis pionir dan fast growing, gerunggang memiliki toleransi hidup pada lahan tergenang, memiliki nilai kalor rendah sekitar 16 kJ/g sehingga tidak mudah terbakar, serta termasuk jenis yang tahan terhadap perubahan iklim. Oleh karena itu, gerunggang diyakini dapat berkontribusi mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang kerap melanda lahan gambut di Indonesia. 

    "Berdasarkan penelitian BP2TSTH Kuok, diketahui jenis ini mampu menjaga kelembaban lahan gambut sekitar 80% dan suhu di bawah 30oC".

    Gerunggang juga dinilai lebih dapat beradaptasi pada lahan gambut dengan tinggi muka air tanah hingga 20 cm di bawah permukaan tanah dibandingkan jenis lokal lainya seperti mahang, skubung dan bahkan dibandingkan jenis eksotik Acacia crassicarpa. 

    Secara sosial, gerunggang juga mendapat dukungan masyarakat. Di Riau, misalnya, masyarakat Bengkalis dan Kepulauan Meranti sudah turun temurun familiar dengan gerunggang. Sesuai fakta lapangan bahwa  memanfaatkan dari kayu gerunggang  antara lain untuk kayu cerocok, bahan bangunan rumah, fornicer , palet dll. Bahkan kan saat ini telah bermunculan masyarakat umum  bergerak menginisiatif membudidaya gerunggang dalam jumlah besar di lahan nya masinh, antara lain dengan membentuk  kelompok-kelompok tani hutan untuk melakukan budidaya gerunggang yg terinspirasi oleh motivasi yang dilakukan LSM IPMPL,

    Sejak tahun 2014 lagi, upaya yang dilakukan oleh LSM IPMPL dalam mendorong gairah masyarakat untuk menanam kembali lahan gambut mereka yang masuk pada kategori lahan kritis maupun tumpang sari dengan pohon karet. Sejauh ini lahan gerunggang yang sudah tertanam oleh gerakan LSM IPMPL s/d tahun 2020 ini mencapai ratusan  hektar, sementara Kelompok Tani Hutan binaann LSM IPMPL sebanyak  36 kelompok dengan jumlah lahan ribuan hektar  dengan ribuan orang anggota masyarkat dari empat kecamatan,"ucap Solihin kepada awak media. 

    Lebih lanjut ia menjelaskan jika masyarakat dengan pemkab dan Pemprop betul-betul bersenergi kita sangat yakin dari budidaya gerunggang akan dapat menjadi sumber Pemasukan Daerah kedepannya nanti, bahkan gerunggang bisa menjadi tanaman unggulan lokal bumi lancang kuning . "kami melihat hal ini akan segera dapat terwujud  oleh karena gubernur Riau telah meletakan Kadis LHK Riau orang seperti pak. M.Murod yang begitu cepat tanggap turun lapangan  ketika mengetahui potensi gerunggang yang luar biasa" . Selain itu  "kita juga berharap senergisitas ini juga diikuti oleh pemegang kebijakan baru di Pemkab bengkalis yaitu Pj.bupati pak Syahrial Abdi untuk dapat menggunakan kewenangannya bagaimana bisa membantu masyarakat yang punya keinginan membudidaya gerunggang akan tetapi mereka tidak punya kemampuan dalam banyak hal. Jika saja ada solusi, saya yakin khususnya kab. Bengkalis lahan-lahan selama ini menjadi sumber mala petaka kebakaran lahan dan hutan menjadi hijau kembali" ujar solihin
     
    MUTIVASI yang terus di hembuskan oleh solihin dan kawan dari LSM IPMPL kepada masyarakat yang serius ingin membudidaya gerunggang, walau masyarakat belum mendapat apa-apa bantuan dari pemerintah  "Kita terus berbuat dan bergerak Tanpa henti bersama pohon Gerunggang, Jangan Tanya apa yang Diberikan Negara kepada kita, Tapi Tanyakan apa yang kita SUMBANGKAN UNTUK NEGARA DEMI KEBERLANGSUNGAN ANAK CUCU KITA,? ".

    Hal yang perlu menjadi perhatian Kita bersama, selain bernilai ekonomi sangat tinggi, menanam Pohon Gerunggang berarti kita ikut serta memulihkan kembali lahan-lahan gambut yang telah rusak menjadi lestari kembali, sehingga akar dari kayu Gerunggang dapat mengikat air dalam jumlah besar, membuat lahan-lahan senantiasa dalam kondisi basah untuk sebagai Perisai terjadinya Karhutla yang sebelumnya membuat Anak-anak kita, saudara/i menderita karena Bencana Asap akibat , "tutup Solihin.(Indra)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Pohon Gerunggang, Punya Nilai Manfa'at Berlipat Ganda
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    3 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    4 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    5 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    6 Kasmarni Terima Gratifikasi Rp 23,6 Miliar di Kasus Dugaan Korupsi Bupati Bengkalis Non Aktif
    7 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    8 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    9 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    10 Sibuk Menjadi Bandar Togel, Seorang Pria di Kuansing, Ditangkap Polisi
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved