www.riaukontras.com
| Penyidik Bareskrimsus Polda Riau Dicky: Yunannaris Kabit PUPR,PPTK dan Kontraktor Telah di Periksa | | Bupati Karimun Pimpin Apel 17 Perbulan Hari Pers Nasional 2019 | | TNI Bantu Cari Korban Hanyut di Calang | | Pangdam IM Resmi Tutup Pendidikan Pertama Bintara TNI AD Ta. 2018 | | Kodim 0116 Nagan Raya Gelar Pemeriksaan Kendaraan | | Masyarakat Kota Diminta Tingkatkan Partisipasi dalam Penegakan Syariat Islam
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Selasa, 19 Februari 2019
 
Cak Imin Dianugerahi Gelar Kehormatan dari Kesultanan Sintang
Cak Imin Dianugerahi Gelar Kehormatan dari Kesultanan Sintang
Editor: Muhammad Abubakar | Sabtu, 12-05-2018 - 11:15:17 WIB

TERKAIT:
 
  • Cak Imin Dianugerahi Gelar Kehormatan dari Kesultanan Sintang
  •  

    Foto: Muhaimin Iskandan saat menghadiri penganugerahan Gelar kasultanan Sintang
    SINTANG, RiaukontraS.com - Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar atau yang dikenal Cak Imin menerima anugerah gelar kehormatan dari Istana Kesultanan Sintang, Kalimantan Barat, Kamis (10/5).

    Dengan penganugerahan tersebut, Cak Imin yang juga Ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa itu resmi menyandang gelar Datuk Petinggi Mangku Banua.

    Cak Imin pun sangat mengapresiasi Kesultanan Sintang yang ikut berperan dalam membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai satu kesatuan yang tak terpisahkan dalam usaha kemerdekaan dan mengisinya melalui sejarah pembentukan lambang negara Garuda Pancasila.

    "Mungkin banyak yang belum mengetahui kalau Lambang Negara Indonesia berasal dari Kesultanan Sintang," kata Cak Imin, Jumat (11/5/2018).

    Ia melanjutkan, sejarah yang cukup panjang itu perlu digaungkan, bahwa peran Sultan Sintang sangat penting dan memiliki makna yang sangat besar bagi Indonesia.

    Dikatakan, Sultan Hamid II dari Kesultanan Pontianak, yang pada waktu itu sebagai Menteri Negara Zonder Porto Folio, dipercayai untuk mengakomodasi kegiatan perancangan lambang negara dengan dasar Kepres RIS nomor 2 Tahun 1949.

    Lambang Burung Garuda ini dipersembahkan oleh Yang Mulia Ade Muhammad Djohan untuk dipinjamkan kepada Sultan Hamid II, yang kemudian disepakati oleh pendiri bangsa Indonesia waktu itu bahwa lambang negara adalah Burung Garuda.

    "Kita sebagai bangsa berutang budi atas jasa Kesultanan Sintang, sehingga salah satu cara membalas budi tersebut adalah negara patut memberikan perhatian kepada Kesultanan Sintang dan kesultanan di daerah lainnya atas jasa dari kerajaan/kesultanan pada waktu perjuangan kemerdekaan," sambungnya.

    Ia menambahkan, saat ini masih ada 186 kerajaan maupun kesultanan yang masih eksis, salah satunya adalah Kerajaan Sintang. Namun, kata dia selama ini khususnya negara belum memberikan perhatian secara serius.

    "Saat otonomi daerah berlaku maka peran sentral kerajaan maupun kesultanan tidak terdengar bahkan hampir hilang, sehingga perlu adanya suatu regulasi yang jelas sehingga ke depan kerajaan/kesultanan yang ada saat ini bisa dialokasikan anggaran untuk menunjang kegiatan yang ada," ucapnya.

    Sedangkan, Sultan Sintang YM Pangeran Sri Kusuma Negara Kesultanan Sintang, HRM Ikhsani Ismail Sayifuddin mengatakan, gambar garuda yang menginspirasi Sultan Hamid II tersebut saat ini masih terlihat di tiang Istana Kesultanan Sintang.

    "Gambar tersebut yang akhirnya menginspirasi Sultan Hamid II, yang realisasi gambarnya tidak jauh berbeda meski gambar awalnya kecil," ujar Sultan.

    Sultan mengungkapkan, dengan usia yang kini sudah mencapai 656 tahun, Kesultanan Sintang harus mampu menghadapi dan beradaptasi dengan segala tantangan zaman.

    Sementara, selain Cak Imin, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan juga mendapat gelar Pangeran Budisetia Amanah Anak Negeri.

    Penganugerahan keduanya dilakukan langsung oleh YM Pangeran Sri Kusumau Negara Kesultanan Sintang, HRM Ikhsani Ismail Sayifuddin.(Dwi/Muhammad Abubakar)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Cak Imin Dianugerahi Gelar Kehormatan dari Kesultanan Sintang
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    4 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    5 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    6 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    7 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    8 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved