www.riaukontras.com
| Yuliasa Gulo SH Minta PPK Pangkalan Lesung Transparan, Jujur dan Adil dalam Perhitungan Suara | | Sekda Tengku Mukhlis Video Conference Bersama Pemprov Riau Laporkan Hasil Pemilu Tahun 2019 | | Sekda Ikuti Vicon Pemilu 2019 | | Bupati Minta Warga Tunggu Hasil Resmi | | JAMAN ACEH: Kemenangan Jokowi Adalah Kemenangan Indonesia | | Bupati dan FKPD Bintan Tinjau Pelaksanaan Pemilu 2019
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Sabtu, 20 April 2019
 
Aniaya Wartawan, IWO dan PFI Demo Mapolres Mimika
Editor: Muhammad Abubakar | Senin, 13-11-2017 - 19:05:54 WIB

TERKAIT:
 
  • Aniaya Wartawan, IWO dan PFI Demo Mapolres Mimika
  •  

    MIMIKA, RIAUKontraS.com - Wartawan Mimika yang tergabung didalam Ikatan Wartawan Online (IWO) Timika, dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Timika Senin 13 November 2017, melakukan aksi damai di halaman Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Mimika jalan Cendrawasih. Mereka menuntut Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon, untuk melakukan proses hukum terhadap anggotanya, yang telah melakukan penganiayaan terhadap Saldi Hermanto, salah seorangvwartawan Salam Papua dan Okezone.

    Dalam orasinya para kuli tinta dan fato grafer yang tegabung dalam IWO dan PFI Timika mengecam keras tindakan oknum anggota Polres Mimika, personil Sat Pol PP, serta satu anggota Brimob BKO Polres Mimika, karena melakukan penganiayaan terhadap Saldi Hermanto akibat dari postingannya di Medsos. Kami mengecam tindakan penganiayaan terhadap rekan kami,” kata Marsel saat berorasi.

    Menurutnya, apa yang dilakukan oleh oknum Polisi yang menjemput Saldi di depan Lantas Polres Mimika tanpa melalui prosedur. “Cara tangkapnya salah, dan dibawa ke Pos terpadu baru dianiaya, ini sudah tidak sesuai prosedur,” teriak mereka.

    Hal yang sama juga di sampaikan, Husyen Abdillah Opa salah seorang wartawan senior, dalam orasinya mengatakan, wartawan Timika meminta Kapolres untuk menindak tegas anak buahnya, dan apabila Saldi terbukti bersalah atas postingan di Medsos yang membuat Polisi tersinggung, bisa saja dilakukan proses hukum terkait UU ITE. Kami minta Kapolres untuk tindak tegas anak buahnya yang terlibat dalam kejadian itu,” kata Husyen.

    "Ronald Renwarin dalam orasinya juga menyebutkan, sebagai seorang ayah pastinya tidak terima dengan kejadian tersebut yang membuat anaknya terjatuh dan terinjak oleh orang lain pada saat terjadi keributan, sehingga terpancing emosi dan memposting status di akun Medsosnya. Sebagai seorang ayah pasti emosi kalau melihat anaknya jatuh dan terinjak pada saat warga berlarian selamatkan diri,” kata Ronald.

    Sementara itu menanggapi aksi demo wartawan, Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon menyebutkan, 9 dari 13 anggotanya yang ditahan telah diperiksa oleh penyidik, terkait penganiayaan akan segera di proses kode etik dan Pidana umum. “Jadi terkait dengan kasus yang dilakukan oleh anggota kami, kita akan proses secara hukum. Memang secara internal akan kita lakukan tapi secara unsure pidana kita lakukan dan juga kode etik,” kata Kapolres usai wartawan berorasi.

    Ia mengakui, perbuatannya penganiayaan yang dilakukan oleh anak buahnya dan meminta maaf atas kejadian tersebut.

    Sementara itu terkait dengan berapa jumlah personila Dalmas yang terlibat, "kata Kapolres, pihaknya belum bisa memastikan berapa orang, sebab akan dilakukan proses penyelidikan terlebih dahulu agar bisa memastikan siapa yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut.

    “Secara pribadi dan organisasi meminta maaf atas kejadian yang dilakukan oleh anggota kami. Sementara ini ada 9 personil yang di tahan dan ada 13 personil yang diperiksa untuk kita bisa menentukan siapa yang bertanggung jawab terhadap kejadian itu,” terang Kapolres.(Muhammad Abubakar)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Aniaya Wartawan, IWO dan PFI Demo Mapolres Mimika
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    4 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    5 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    6 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    7 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    8 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved