www.riaukontras.com
| DPD IWO INHIL: Selamat Ulang Tahun Ke 73 Bhayangkara | | Gubernur Tinjau Progres Pembangunan Kawasan Gurindam 12, Pembangunan Harus Mencapai Target | | Bangkitkan Semangat Olahraga, Nurdin Minta Percepat Bangun Tribun | | Gubernur H Nurdin Basirun Ajak Semua Jaga Kondusivitas Kepri | | Wakil Gubernur Kepri Berharap Agar Pelayanan Keluarga Sejahtera Dimaksimalkan | | Untuk Kepulauan Natuna, Nurdin Sebut Terus Dibangun
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Kamis, 20 Juni 2019
 
Batasi Kerja Wartawan, IWO Kecam DPRD Banjarmasin
Editor: Muhammad Abubakar | Rabu, 11-10-2017 - 19:47:43 WIB

TERKAIT:
 
  • Batasi Kerja Wartawan, IWO Kecam DPRD Banjarmasin
  •  

    BANJARMASIN, RIAUKontraS.com - Koordinator Bidang Hukum dan Advokasi Ikatan Wartawan Online (IWO) Kalimantan Selatan, Aspihani Ideris, ikut angkat suara soal kelakuan legislator DPRD Banjarmasin yang membatasi ruang gerak kerja pers di lembaga itu.

    Dia tegas menyatakan sikap DPRD Banjarmasin melanggar Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2009 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Undang-Undang 40 Tahun 1999 tentang Pers.

     "Keterbukaan informasi publik merupakan hal yang sangat penting. Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi setiap manusia. IWO perlu bergerak melawan sikap Dewan Banjarmasin," kata Aspihani Ideris, Rabu (11/10/2017).

    Menurut Aspihani, seorang pejabat publik, apalagi wakil rakyat wajib memberi informasi terkait kinerjanya. Sebab, kata dia, legislator dipilih langsung oleh rakyat.

    "Informasi yang diberikannya juga merupakan bagian bentuk pertanggungjawaban terhadap pemilihnya. Jurnalis bekerja menggali informasi untuk dipublikasikan ke publik," Aspihani menegaskan.

    Seperti diberitakan KabarKalimantan, kalangan legislator DPRD Kota Banjarmasin mulai jaga jarak dengan awak media pasca ‘diobok-obok’ Komisi Pemberantasan Korupsi. Para wakil rakyat terhormat di DPRD Kota Banjarmasin agaknya masih trauma. Mereka memilih menjaga privasi dengan membatasi ruang gerak jurnalis untuk menggali informasi publik.

    Sejumlah anggota dewan diperiksa lembaga antirasuah tempo hari, penghuni gedung wakil rakyat lebih apik menjaga privasi. Bahkan, ruang gerak peliputan wartawan di DPRD Banjarmasin pun dibatasi.

    Padahal, kerja wartawan untuk menggali informasi yang berkepentingan dengan masyarakat Banjarmasin. Tak tanggung-tanggung, pembatasan ruang gerak wartawan di DPRD Banjarmasin dibawa ke rapat Badan Musyawarah (Banmus).

    Dalam rapat Banmus yang dilaksanakan Jumat (6/10/2017) itu, memutuskan wartawan dilarang melakukan peliputan hingga ke ruang komisi.

    Padahal, sebelum kasus suap pemulusan Perda Penyertaan Modal PDAM Bandarmasih terbongkar, wartawan diperbolehkan melakukan peliputan ke mana saja, termasuk ke dalam ruang komisi. Terlebih untuk liputan-liputan yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat.

    Menurut IWO lagi, salah seorang wakil rakyat di DPRD Banjarmasin yang enggan namanya ditulis, membenarkan aturan baru ini. 

    “Memang ada usulan di rapat Banmus melarang wartawan berada di ruang komisi. Larangan ini untuk lebih menjaga privasi (anggota dewan) pasca kasus penangkapan KPK kemarin,” ujarnya kepada IWO.

    Ia menuturkan, berdasarkan berbagai usulan rapat Banmus, akhirnya diputuskan wartawan hanya boleh melakukan peliputan di depan sebelum masuk ruang komisi. 

    “Bisa di depan lorong menuju ruang komisi, atau di taman. Kan taman gedung dewan sekarang sudah bagus,” katanya.

    Namun, ia meminta, masalah ini tidak dibesarkan. Ia menduga aturan ini hanya kondisional karena masih ada unsur trauma.

     “Saya rasa aturan ini tak akan bertahan lama. Paling juga nanti diperbolehkan lagi. Jadi, jangan terlalu disikapi serius,” ucap pria berkacamata tersebut.(Muhammad Abubakar)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Batasi Kerja Wartawan, IWO Kecam DPRD Banjarmasin
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    4 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    5 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    6 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    7 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    8 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved