www.riaukontras.com
| Kodim 0104 Aceh Timur Laksanakan Pra TMMD ke-107 Tahun 2020 | | 17 Pati TNI AD Laporan Korps Kenaikan Pangkat di Mabesad | | Hj Zulaikhah Wardan Sambangi Balita Gizi Buruk | | Jalin Silaturahmi Kalapas Kelas II A Tembilahan Menggelar Pertemuan dengan Insan Pers | | Ribuan Masa Aksi di Mapolda dan Kejati Riau, Angki Korlap Dua Tuding Sekda Riau Main Mata | | Kanwil DJPb Serahkan Plakat WTP Kepada Kota Banda Aceh
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Rabu, 19 Februari 2020
 
Papua Barat
Kemhan RI Lakukan Pendataan SDM Komduk Hanneg di Provinsi Papua Barat
Editor: Muhammad Abubakar | Kamis, 13-02-2020 - 18:32:52 WIB

TERKAIT:
 
  • Kemhan RI Lakukan Pendataan SDM Komduk Hanneg di Provinsi Papua Barat
  •  

    MANOKWARI, RIAUKontraS.com - Melalui pendataan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Komponen Pendukung (Komduk) dalam Pertahanan Negara (Hanneg) ini, diharapkan dapat dicapai sasaran berupa terwujudnya data yang valid dan akurat guna penataan terhadap Komduk, sekaligus agar masyarakat memahami peran atau keterlibatannya, dan klasifikasinya sebagai Komduk dalam Hanneg.

    Sebagaimana diamanatkan dalam UU RI No 3 Th 2002 tentang Pertahanan Negara, bahwa sistem Pertahanan Negara Indonesia bersifat semesta yang melibatkan seluruh warga Negara, wilayah dan sumber daya Nasional lainya, serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah dan berlanjut untuk menegakkan kedaulatan Negara. Keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman. 

    Hal ini dikatakan Direktur Sumber Daya Pertahanan Ditjen Pothan Kemhan RI, Brigjen TNI Priyanto, S.I.P., M.Si (Han) dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Analis Madya Bidang Sarprasnas dan Nir Militer Dit Sumdahan Ditjen Pothan Kemhan, Kolonel Inf Imam Rochim Hidayat SH, MM, selaku Ketua Tim dari Kemhan dalam acara Pendataan Potensi SDM bagi Warga Terlatih, Tenaga Ahli, dan Warga Lain unsur Warga Negara untuk Komponen Pendukung Pertahanan Negara di Provinsi Papua Barat TA. 2020, Rabu (12/2/2020) di Aula kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Papua Barat, Arfai, Manokwari, Papua Barat.

    Dalam rilis yang diterima media ini, Kamis (13/02/2020) Ketua Tim Pendataan SDM Komduk Hanneg, Kolonel Inf Imam Rochim Hidayat, SH, MM, Kemhan RI melaksanakan pendataan SDM untuk Komduk Hanneg di Papua Barat ini, dengan tujuan bahwa Pengelolaan Sumber Daya Nasional (SDN) untuk Pertahanan Negara harus dipersiapkan secara dini untuk menghadapi berbagai ancaman, yang meliputi ancaman Militer, Non Militer, dan Hibrida, yang dapat berwujud Agresi, Terorisme, Komunisme, Separatisme, pemberontakan bersenjata, bencana alam, kerusakan lingkungan, pelanggaran wilayah perbatasan, perompakan dan pencurian Sumber Daya Alam (SDA), wabah penyakit, peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, serta serangan siber, nuklir, biologi, dan kimia, atau dalam wujud ancaman yang membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan segenap bangsa.

    Dalam kegiatan yang dibuka oleh Kepala Kesbangpol Papua Barat tersebut, diikuti oleh perwakilan dari kantor Provinsi Papua Barat, Kodam XVIII Kasuari, Polda Papua Barat, Polisi Pamong Praja, Polisi Kehutanan, Dinas Perhubungan, Dinas Pendidikan Nasional, Kwartir Daerah Pramuka, Badan Pusat Statistik, dan Dinas Kesehatan.

    Kolonel Inf Imam Rochim Hidayat, SH, MM., menyebutkan pendataan SDM Komduk ini ditujukan kepada instansi terkait, yang dalam fungsi penanganan terhadap warga negara yang meliputi warga terlatih, tenaga ahli, dan warga lain unsur warga negara, yang dikoordinir oleh Kesbangpol Papua Barat.

    Dalam upaya pengelolaan sumber daya nasional untuk Hanneg, Kemhan RI tentu tidak dapat melaksanakan sendiri dalam setiap tahap penyiapannya, sehingga perlu kerja sama dan koordinasi dengan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, serta pihak swasta.

    Penataan Komponen Pendukung (Komduk) dilaksanakan melalui Tahapan Penyiapan dan Penetapan. Adapun Penyiapan dilakukan melalui kegiatan Pendataan, Pemilahan, Pemilihan, dan Verifikasi. Hasil dari pendataan tersebut nantinya akan dimuat dalam sistem informasi sumber daya pertahanan.

    Dengan demikian, lanjutnya, diharapkan kepada seluruh instansi terkait di Provinsi Papua Barat dapat membantu kelancaran dalam pelaksanaan pendataan SDM untuk Komduk dalam Hanneg sesuai dengan profesinya, guna memudahkan pelaksanaan kegiatan penataan Komponen Pendukung.

    "Terkait dengan pelaksanaan pendataan potensi SDM bagi warga terlatih, tenaga ahli, dan warga lain unsur warga negara untuk komponen pendukung di Provinsi Papua Barat ini, kami mengharapkan masukan tentang data SDM yang valid dan akurat yang tersebar di Kabupaten/Kota di Provinsi Papua Barat, sebagai data awal dalam pelaksanaan penataan Komponen Pendukung Pertahanan Negara (Komduk Hanneg)," tutup Kolonel Inf Imam Rochim Hidayat, SH, MM.

    ( Letkol Inf Ertoto)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Kemhan RI Lakukan Pendataan SDM Komduk Hanneg di Provinsi Papua Barat
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    2 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    3 Tiang Baleho Miring Sangat Mengkhawatirkan Masyarakat
    4 Ahok Akhirnya "Mundur"
    5 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    6 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    7 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    8 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    9 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    10 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved