www.riaukontras.com
| Dua Unit Rumah Ludes Dilalap Sijago Merah Akibatkan Satu Orang Korban Luka Bakar | | Kuansing Terima 11.933 Bansos Dalam Minggu Ini | | Abdul razak: Cetak Adminduk Tidak Perlu Antri Lagi, Bisa Dari Rumah | | Dishub dan Diskes Kabupaten Siak serta TNI Polri, Siaga Covid-19 di Perbatasan Wilayah Siak | | Terdampak Covid-19, Warga Terima BST Tahap III | | Kodim 0103 Aceh Utara Gelar Pelatihan Binsiap Apwil dan Puanter
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Selasa, 14 Juli 2020
 
Prajurit TNI Diingatkan Tetap Menjaga Netralitas Dalam Pilkada 2018
Editor: Muhammad Abubakar | Senin, 05-02-2018 - 13:41:12 WIB

TERKAIT:
 
  • Prajurit TNI Diingatkan Tetap Menjaga Netralitas Dalam Pilkada 2018
  •  

    CILACAP, RiaukontraS.com - Danrem 071 Wijayakusuma dalam amanatnya yang dibacakan Staf Kodim (Kasdim) 0703 Cilacap Mayor Inf. Ahmad Rofiq Alfian, pada pelaksanaan upacara bendera awal bulan Februari 2018 di halaman Makodim Cilacap, Jl. Jenderal Sudirman No. D-1 Cilacap, Senin (05/02), meminta seluruh jajarannya untuk berlaku netral falam pilkada 2018.

    Dalam menyikapi tahun politik 2018, Danrem 071 perintahkan kepada seluruh Prajurit TNI jajaran Korem 071/WK agar dalam bertugas tetap memegang teguh Komitmen Netralitas dan menghindari sikap dan perilaku yang menjurus pada Politik Praktis.

    Menurutnya, peran TNI dalam Pilkada telah diatur dalamTap MPR No. VII/MPR/2000 dan diatur lebih lanjut dalam UU Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara. "Sebagai alat negara, TNI mempunyai Tugas Pokok menegakkan Kedaulatan Negara dan mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap Bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan Bangsa dan Negara.

    Selain melaksanakan tugas pokoknya, TNI juga melaksanakan tugas bantuan kepada POLRI dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat, maka TNI/POLRI harus Netral. 

    Sehubungan dengan hal tersebut, ada beberapa pedoman penting yang perlu disikapi oleh Prajurit TNI dalam pelaksanaan pilkada serentak yaitu TNI bertekad mengamankan setiap tahapan pelaksanaan Pilkada sesuai dengan tugas dan fungsi bantuan TNI kepada Pemerintah Daerah. selain itu, Anggota TNI akan tetap menjaga Netralitas TNI, tidak memberikan fasilitas Dinas dan dukungan apapun kepada perorangan ataupun salah satu kontrakan pada rangkaian kegiatan Pilkada. 

    Dengan demikian maka keterlibatan TNI jajaran Korem 071/WK pada Pilkada Serentak adalah menempatkan diri pada posisi Netral, menegakkan kedaulatan Negara, keutuhan wilayah NKRI dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan yang dapat menggagalkan pelaksanaan Pilkada, Bersama komponen bangsa lainnya membantu terciptanya kondisi yang kondusif agar tercipta rasa aman dan damai bagi kelancaran penyelenggaraan Pilkada, Memberikan bantuan kepafa POLRI dalam tugas keamanan selama proses penyelenggaraan Pilkada serentak berlangsung. 

    Terkait hal tersebut, maka setiap Prajurit TNI jajaran Korem 071/WK harus selalu siap sehingga ketika diminta bantuan oleh Polri atau Pemerintah Daerah dapat melaksanajan tugasnya dengan baik. " Itu amanat Danrem 071/Wijayakusuma yang harus kita pedomani bersama." jelas Kasdim 

    Selain itu lanjut Kasdim, ada latihan kegiatan non program yang harus kita latihkan selain kegiatan program yaitu latihan dalam menghadapi konflik sosial sehingga kita mempunyai protap-protapnya dalam menghadapi konflik sosial dan ini nantinya kita sebarkan ke Koramil jajaran sehingga dalam pelaksanaan Pilkada serentak apabila terjadi konflik sosial, kita sudah tahu tindakan kita dalam menghadapi permasalahan tersebut." Pungkas Mayor Inf. Rofiq Alfian.(Pendim.S/Muhammad Abubakar)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Prajurit TNI Diingatkan Tetap Menjaga Netralitas Dalam Pilkada 2018
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    3 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    4 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    5 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    6 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    7 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    8 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    9 Sibuk Menjadi Bandar Togel, Seorang Pria di Kuansing, Ditangkap Polisi
    10 Ida Yulita: Anggaran Honor PMB RW Sebesar Rp. 13 Miliar, RT/RW Cuma Dapat Caci Maki
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved