www.riaukontras.com
| Wali Kota Harapkan Hubungan Aceh Dengan Turki Semakin Kokoh | | Wali Kota: Karakter Kepemimpinan Anak Harus Dibangun Sejak Dini | | Forum Diskusi Publik ditaja Kemenkominfo RI,Mahfud MD dan Gun-Gun Siswandi Hadir sebagai Narasumber | | Semua Fraksi DPRK Setujui APBK-P 2019 Kota Banda Aceh | | Danrem 012/TU Pimpin Sertijab Dandim Nagan Raya dan Abdya | | Freddy Hadinata Sianturi: Tuhan Proses Hidup Saya dengan Sangat Luar Biasa
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Rabu, 21 08 2019
 
PINDAHKAN PNS SEMENA-MENA,
Efori Meminta: Kejaksaan Periksa Kepala BKD Nias Utara
Editor: | Rabu, 18-05-2016 - 20:30:21 WIB
FOTO  EFORI  SEKRETARIS  DPD  LSM-FORTARAN
TERKAIT:
 
  • Efori Meminta: Kejaksaan Periksa Kepala BKD Nias Utara
  •  

    Nias Utara, RiauKontras - Pemindahan Pegawai Negeri Sipil (PNS) pengangkatan tahun 2013 di Kabupaten Nias Utara, menjadi pembahasan besar di kalangan LSM-Fortaran di Kabupaten Nias Utara.

    Saat dikonfirmasikan hal ini kepada Syukur Lahagu yang membidangi pemindahan para PNS pengangkatan tahun 2013 tersebut, Jumat (13/05/2016). Syukur Lahagu mengatakan," benar Pak ada," ucapnya.

    Disinggung kru media ini, berapa orang PNS pengangkatan tahun 2013 yang sudah pindah itu, dan siapa-siapa saja nama mereka ?  "Itu tidak boleh saya kasitau sembarangan terkecuali ada perintah dari Kepala Kantor BKD Nias Utara," kata Syukur Lahagu mengelak.

    Memangnya para PNS yang dipindahkan tersebut ada yang dirahasiakan oleh pihak BKD Kabupaten Nias Utara ? Syukur kembali mengatakan bersama dengan Sekretaris BKD Nias Utara Mareti Telaumbanua, "Biar tahu teman-teman mitra kerja, disini khususnya di kantor BKD tidak sembarangan di berikan Informasi terkecuali ada perintah pimpinan," jelas mereka.

    Pimpinan siapa Pak yang mengatakan demikian ? "ya Kepala BKD Nias Utara," ungkap mereka.

    Ketika kru media menyampaikan tentang UU nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik (KIP). Maka dengan itu, kami berhak mengetahui dan mendapatkan informasi serta bagi pemilik informasi menyiapkan dan menyampaikan informasi yang akurat dan bisa di Pertanggungjawabkan

    Namun, jawaban dari pihak BKD Kabupaten Nias Utara yang membidangi pemindahan para PNS tersebut, diduga kuat ada yang di rahasiakan atau yang di tutup-tutupi, supaya publik tidak mengetahui kedok pihak BKD Kabupaten Nias Utara tersebut selama ini.

    Dan terkait pemindahan para PNS pengangkatan tahun 2013 itu dari Kabupaten Nias Utara, diminta kepada penegak hukum Kejaksaan dan Polri agar segera memanggil Kepala BKD Nias Utara yang sengaja melakukan pelanggaran hukum dan peraturan yang tidak sesuai dengan persyaratan penerimaan pendaftaran CPNS melalui jalur umum pada tahun 2013 yang lalu.

    Perlu diketahui, ada beberapa poin yang perlu disampaikan kepada publik. Di antaranya, bersangkutan siap di tempatkan dimana saja di negara Republik Indonesia ini, dan seterusnya yang bersangkutan harus membuat surat pernyataan dan di tandatangani diatas meterai 6000. Dengan isinya bersangkutan siap mengabdi di Kabupaten Nias Utara sekurang-kurang nya 15 tahun. Bila seandainya yang bersangkutan melanggar surat pernyataan tersebut, maka yang bersangkutan siap menerima hukum dan siap diberentikan sebagai PNS.

    Menyikapi hal tersebut diatas, Efori Gea, Sekretaris DPD LSM-FORTARAN Kabupaten Nias Utara mengatakan, hal-hal yang seperti ini lah yang harus ada tindakan tegas kepada Kepala BKD Kabupaten Nias Utara dan juga kepada yang bersangkutan. "Kita menduga ada kongkalikong demi kempentingan pribadi dalam pemindahan para PNS pengangkatan tahun 2013 tersebut dari lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara," ucapnya.

    "Saya minta kepada Bupati Nias Utara, M. Ingati Nazara dan Wakil Bupati Nias Utara, Haogosokhi Hulu, agar nama-nama para PNS yang di pindahkan BKD Nias Utara tersebut selama ini, segera disampaikan kepada publik," harapnya.

    Efori mengingatkan, terkait pemindahan para PNS tersebut, ada aturannya dan tidak bisa semena-mena Kepala BKD Nias Utara saja.

    "Hal ini perlu kita ketahui bahwa bila yang bersangkutan tidak memberikan surat pernyataannya, tentu tidak dapat lewat sebagai CPNS dan tidak di tugaskan di wilayah Kabupaten Nias Utara," terangnya.

    Ditambahkannya, jika mereka awalnya tidak sanggup mengabdi di Kab. Nias Utara, tentu warga Kepulauan Nias ada kesempatan untuk menang sebagai CPNS pengangkatan tahun 2013 tersebut.

    "Ini kan kerugian besar bagi masyarakat kepulauan nias dan khususnya masyarakat Kabupaten Nias Utara,"jelasnya.

    Dia juga menyebutkan, bila yang bersangkutan tidak kembali mengabdi di Kabupaten Nias Utara, maka SK mereka di cabut karna tidak mematuhi aturan.

    "Maka dari itu, diminta kepada pihak terkait agar segera turunkan surat pembatalan sebagai PNS kepada beberapa orang yang dipindahkan oleh Kepala BKD Nias Utara tersebut,"tegasnya

    Sebelumnya, pernah dikonfirmasikan kejadian ini kepada Kepala BKD Kabupaten Nias Utara melalui handphone selularnya, namun Kepala BKD Nias Utara tidak memberikan jawaban sama sekali.(efori)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Efori Meminta: Kejaksaan Periksa Kepala BKD Nias Utara
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pesan Ahok Buat Istrinya Bila Dirinya Meninggal Dalam Waktu Dekat
    2 Ahok Akhirnya "Mundur"
    3 Bupat Meranti Apresiasi Bantuan CSR Mesin Pemadam Kebakaran PT. Timah
    4 Aktivis Aceh Timur Dukung Aksi Masyarakat Julok
    5 Jaksa: Siap Panggil Paksa Ibas Cs
    6 Pabrik Springbat PT Caisar Terbakar
    7 Rumah Ahok Terbakar Bersama 16 Rumah Lainnya
    8 Siapa Punya Uang Rp 100 Ini Sekarang Harga nya Luar Biasa sekali, Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah
    9 Hakim Wanita Pengadilan Agama Terjaring Razia Saat Selingkuh di Kamar Hotel
    10 Kapolres Bener Meriah, di Gugat Rp 1,1 Milyar
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved