www.riaukontras.com
| Kasus Dugaan Korupsi ADDesa Dipetieskan, Integritas Kejari Kampar Dipertanyakan | | Polsek LTD Bina Kelompok Tani | | Bupati Inhil jadi Pemateri Webinar | | BPJS Sosialisasi JKN-KIS di Lapas Kelas IIB Langsa | | Brimob Disinfektan Pendopo dan Bambu Runcing Lapangan Merdeka | | Bertambah 12 Kasus Positif Covid-19 di Siak, Total 81 Kasus
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Rabu, 05 08 2020
 
Gubsu Bangun Sinergitas Dengan Seluruh Bupati/Walikota Se-Sumatera Utara
Editor: | Jumat, 24-07-2020 - 19:32:37 WIB
Ket. Gbr : Walikota Irsan Efendi Nasution SH saat mengikuti rapat dengan Gubsu terkait potensi daerah, Kamis (23/7-2020). Foto : Ist
TERKAIT:
 
  • Gubsu Bangun Sinergitas Dengan Seluruh Bupati/Walikota Se-Sumatera Utara
  •  

    Padangsidimpuan, riaukontras.com - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengumpulkan para Bupati/Walikota se-Sumut di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Kamis (23/7-2020).

    Tujuannya menguatkan sinergi untuk bersama-sama membangkitkan Perekonomian Daerah yang ada di Sumut sembari tetap menjalankan Protokol Kesehatan.

    Diketahui, penurunan pertumbuhan ekonomi Sumut terlihat jelas bila dibandingkan dengan tahun lalu. Kuartal IV tahun lalu pertumbuhan ekonomi Sumut mencapai 5,21 persen dan memasuki Kuartal I 2020 turun menjadi 4,65 persen. Untuk mengantisipasi penurunan yang lebih tajam, Gubsu Edy Rahmayadi meminta seluruh Bupati/Walikota untuk memaksimalkan potensi daerahnya masing-masing.

    “Pertumbuhan perekonomian kita menurun dan itu terjadi di Indonesia, bahkan hampir seluruh dunia. Kita perlu membuat pergerakan agar bisa menyelamatkan Sumut, salah satu yang bisa kita lakukan adalah memaksimalkan Potensi-potensi Daerah Bapak-bapak semua,” kata Edy Rahmayadi saat presentasi di depan para Bupati dan Walikota di posko GTPP Covid-19 Sumut.

    Menurut Edy, sektor-sektor yang masih bertahan pada masa Pandemi ini antara lain Farmasi, Perdagangan Sembako Pangan, Pertanian dan Peternakan, Di gital Marketing, Jasa Logistik dan Teknologi Informasi. Sesuai dengan fokus Pemerintah Provinsi Sumut dalam bidang Agraris, Edy Rahmayadi ingin Mayoritas Daerah memaksimalkan potensi Pertanian atau Peternakan untuk membangkitkan Perekonomian Sumut.

    “Kita itu masih Defisit di Bawang Merah dan Putih serta Gula Pasir, tetapi Bawang Merah dan Putih ini sangat berpotensi menjadi penyumbang inflasi. Jadi, Daerah-daerah yang punya potensi mengembangkan Bawang Merah dan Putih maksimalkanlah. Humbahas saja yang saat ini giat kembangkan Bawang Putih baru bisa memenuhi kebutuhannya 46 persen, Karo masih 44 persen dan daerah lain masih jauh dari itu,” tambah Gubsu didampingi Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah dan Sekdaprovsu R Sabrina.

    Gubsu juga meminta para Bupati/Walikota untuk membuat studi yang komprehensif untuk melihat potensi Pertanian dan Peternakan di daerahnya masing-masing. Namun, dia juga tetap mendorong potensi daerah lain seperti Perdagangan dan Jasa, Industri dan Ekonomi Kreatif serta Pariwisata.

    “Coba dilihat dengan benar potensi daerah masing-masing, Pemprovsu akan bantu semaksimal bukan hanya Pertanian dan Peternakan, tetapi juga Industri dan Pariwisata karena rata-rata Pantai Timur mayoritas bergerak di bidang itu,” tambah Edy Rahmayadi.

    Sektor lain yang perlu menjadi perhatian daerah menurut Edy Rahmayadi adalah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Edy Rahmayadi berharap Bupati/Walikota mampu mengarahkan dan membantu UMKM agar tetap bisa bertahan di masa pandemi.

    “UMKM memang di dominasi Daerah Pantai Timur Sumut, terutama Medan dan Deliserdang, tetapi ini perlu dipertahankan karena UMKM salah satu penggerak besar perekonomian kita. Salah satu strateginya adalah mengubah produk UMKM menjadi sektor-sektor yang punya potensi di masa pandemi ini. Bahkan dengan mengubah produk UMKM banyak yang meningkat omzetnya,” terang Gubsu.

    Sejauh ini pertumbuhan ekonomi Sumut memang masih lebih baik dari sebagian besar Provinsi di Indonesia. Menurut keterangan Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa kemampuan Sumut dalam Ketahanan Pangan menjadi kunci Sumut mempertahankan pertumbuhan ekonominya.

    “Saya rasa kemampuan kita terkait Ketahanan Pangan cukup baik sehingga pertumbuhan ekonomi kita tidak terlalu merosot jauh. Kita masih lebih baik dibanding dengan banyak daerah lain di Indonesia. Jadi, saya rasa tepat Pemprovsu menguatkan sektor Pertanian dan Peternakan di masa pandemi ini,” kata Harun.

    Para Bupati/Walikota se-Sumut setuju untuk menguatkan potensi-potensi daerahnya, tetapi mereka berharap tetap mendapatkan bantuan dari Pemprovsu dalam pengembangannya.

    Sementara Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH mengatakan daerahnya siap untuk mengembangkan dan menambah potensi daerahnya.

    “Kita sepakat dengan Gubsu, Pertanian dan Peternakan menjadi fokus pengembangan di masa pandemi, itu akan menguatkan Ketahanan Pangan di Sumut. Kita akan lihat apakah Padangsidimpuan mampu mengembangkan potensi lainnya sehingga bisa berkontribusi untuk Ketahanan Pangan Sumut,” tegas Irsan. (RAS)


    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0821 7241 8111 / 0852 7850 2555
    via EMAIL: riaukontras@gmail.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)



     
    Berita Lainnya :
  • Gubsu Bangun Sinergitas Dengan Seluruh Bupati/Walikota Se-Sumatera Utara
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bansos Covid-19 Kota Pekanbaru Diduga di Korupsi Hingga 3 Miliar Satu Kali Penyaluran
    2 Arta melia: Jika Ada Pungutan Biaya Untuk Calon BPD laporkan ke pihak berwajib
    3 ABG Tewas Dikamar Hotel di Bengkalis, Pelaku "SAN" Dijerat Pasal Berlapis
    4 Penundaan Pembayaran Disetujui BCA Finance dinilai Merugikan Masyarakat, Terapkan Bunga 18/23% Lebih
    5 Kasmarni Terima Gratifikasi Rp 23,6 Miliar di Kasus Dugaan Korupsi Bupati Bengkalis Non Aktif
    6 Diduga Kades dan Perangkat Desa Pungut BLT-DD di Kuansing Mendapat Sorotan FPII Kuansing
    7 Diduga Karena Pemasangan Selang NGT, Pasien RSUD Langsa Meninggal
    8 Bupati Nias Barat Diduga Terima Uang Fee Proyek
    Na'aso Daely Tuding Wabub Lebih Tau Tentang Video, Khenoki Waruwu: Na,aso itu Manusia Konyol
    9 Dua Tahun Sudah Tersangka
    LSM Minta Polda Riau Jelaskan Alasan Tersangka Korupsi Bansos Bengkalis Belum Ditahan
    10 Sibuk Menjadi Bandar Togel, Seorang Pria di Kuansing, Ditangkap Polisi
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2017 PT. RIAUKONTRAS PERS, All Rights Reserved